PENGGUNAAN METODE THARIQAH AL-MUBASYIRAH DALAM PENDIDIKAN BAHASA ARAB PEMBARUAN MAHMUD YUNUS

Indah Permatasari, Yusuf Bachtiar, Anis Fachrul

Abstract


Filsafat mempunyai arti kepentingan yang mendalam dan juga dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan untuk menyelidiki gagasan tentang sesuatu dan mengakomodasi keadaan dan hasil logis. Penalaran adalah ilmu pengetahuan yang jangkauannya sangat luas dan sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, karena penalaran dapat dipandang sebagai sumber dasar segala sesuatu yang terjadi di dunia ini. Cara berpikir ilmu pengetahuan telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia skolastik sejak diperkenalkan ke dunia dan penyempurnaannya. Eksplorasi ini menggunakan strategi subjektif dan teknik perpustakaan digunakan untuk mengumpulkan informasi. Teknik yang digunakan adalah survei penulisan atau biasa disebut audit penulisan. Luasnya tinjauan ini menyelidiki penalaran, kedudukan teori, dan hubungannya dengan sains. Konsekuensi dari eksplorasi ini adalah cara berpikir menunjukkan pemikiran, evaluasi dasar, pemikiran kritis inventif, dan kemampuan relasional. Sains diakui sebagai kebenaran logis jika ia bertemu dalam dua kondisi: objektif dan observasional

Keywords


Pengetahuan, Pemikiran, Pendidikan Bahasa Arab

Full Text:

PDF

References


Journal Article with DOI:

Asror, Moh, M. Yunus Abu Bakar, and Ah Zakki Fuad. “Modernisme Pendidikan Islam Dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis Dan Relevansinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 8, no. 1 (June 29, 2023): 35–52. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693.

Hanif, Akhyar. “Studi Terhadap Kosakata Bahasa Arab Dalam Bahasa Minangkabau.” Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab 1, no. 2 December (December 29, 2017): 119–38. https://doi.org/10.29240/jba.v1i2.174

Masyhudi, Fauza. “PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS TENTANG KONSEP PENDIDIKAN ISLAM.” JURNAL TARBIYAH 21, no. 1 (June 28, 2014). https://doi.org/10.30829/tar.v21i1.220

Salam, M. Yusuf. “DURÛS AL-LUGHAH AL-‘ARABIYYAH KARYA MAHMUD YUNUS DALAM PERSPEKTIF NAZARIYYAH AL-WAHDAH.” Ta’dib 11, no. 2 (December 27, 2008). https://doi.org/10.31958/jt.v11i2.144

Uliyah, Asnul, and Zakiyah Isnawati. “Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut al Arabiyyah 7, no. 1 (June 27, 2019): 31–43. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Journal Article without DOI (when DOI is not available):

Munirah, Munirah. “Mahmud Yunus dan Kontribusinya dalam Perkembangan Studi Hadis dan Ilmu Hadis di Indonesia Munirah.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 2, no. 2 (December 15, 2017): 275–94

Rifai, Ilyas. “Mengenal Kamus Arab-Indonesia Mahmud Yunus.” JURNAL AL-BAYAN 4, no. 1(2012).https://scholar.archive.org/work/i4sy5brerfdlthi5wigk4ku7v4/access/wayback/http://ejournal.radenintan.ac.id:80/index.php/albayan/article/viewFile/973/812

Yunus, Mahmud. “Tafsir Qur’an Karim.” DISKURSUS METODOLOGI DAN KARYA-KARYA TAFSIR AL-QUR’AN GENERASI AWAL DI INDONESIA 71 (1973). https://idr.uin-antasari.ac.id/20377/1/2021_tim_Diskursus%20Metodologi.pdf#page=86

Thesis/Dissertation in Repository:

Multazam, M. Roqi. “Konsep pendidikan islam (studi komparasi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari dan Mahmud Yunus).” bachelorThesis, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/45261

.

Proceedings

YARIFUDDIN, SYARIFUDDIN. “Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Di Madrasah Dan Pesantren Di Indonesia.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, no. 1 (2017). http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/104.

Book:

at.al Siti Kursini. JEJAK PEMIKIRAN ULAMA NUSANTARA: Genealogi, Historiografi, Konstektualisasi Pendidikan Islam di Nusantara. CV. Asna Pustaka 2021




DOI: https://doi.org/10.62086/ej.v2i1.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 indah permatasari, yusuf bachtiar, Anis Fachrul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Mahara: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Arab

YAYASAN AL-AHLIYAH ISLAMIAYAH AEK BADAK

Jl. Mandailing Km 37 Desa Aek Badak Julu Kec. Sayur Matinggi, kode pos 22774, Kab. Tapanuli Selatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.